Selasa, 06 Desember 2011

KELAINAN KELENJAR LUDAH (KELENJAR SALIVA)
XEROSTOMIA


Kelenjar saliva terdiri atas tiga pasang kelenjar saliva mayor (parotis, submandibularis dan sublingualis) di leher dan beberapa kelenjar kecil yang tersebut di seluruh mukosa (jaringan lunak) rongga mulut. Kelainan dapat terlokalisir pada sebuah kelenjar atau mengenai semua kelenjar. Penyakit yang menyerang kelenjar saliva dapat berakibat pada berkurangnya saliva, yang akan menimbulkan berbagai gejala dalam rongga mulut.

Berkurangnya saliva atau hiposalivasi akan menyebabkan xerostomia (mulut kering). Xerosotomia atau mulut kering ini bisa disebabkan karena kelainan kelenjar ludah (ex. penyakit syndrom sjogren) atau karena manifestasi sekunder dari suatu kelainan sistemik (ex. terapi obat, kegelisahan kronis).


Konfirmasi adanya penurunan dalam produksi saliva (ludah) didasarkan atas pemeriksaan klinis, dengan melihat ke rongga mulut, serta pengukuran kecepatan saliva. Biasanya pasien akan mengeluhkan beberapa simptom, seperti kesulitan berbicara, menelan, retensi gigi tiruan yang buruk serta keadaan rongga mulut yg kurang menyenangkan.

Terapi dari xerostomia ini antara lain:
  1. bila gejala xerostomia masih tergolong ringan, penderita bisa mengatasinya sendiri dengan sering- sering berkumur dan meminum air putih yang banyak, serta bisa juga merangsang produksi saliva (air ludah) dengan mengunyah permen karet yang mengandung sedikit sukrosa.
  2. bila kelenjar saliva masih aktif memproduksi saliva, hanya kuantitasnya yang berkurang, maka dapat diatasi dengan menggunakan obat perangsang produksi saliva:
    • mouth lubricant & lemon mucilage (pH 2,8)
    • salivix -> tablet isap, berisi asam mat, gomarab, kalsium laktat, natrium fosfat, lycasin, sorbitol.
    • pilocarpin hydrochloride & asam nikotinat, obat sistemik paling baik
  3. bila kelenjar saliva sudah tidak aktif, dengan kata lain tidak ada saliva yang bisa diproduksi, atau produksi saliva memang sangat sedikit, maka dapat menggunakan zat pengganti saliva, seperti: cairan:
    • hypromellose (pH 8,0)
    • V. A Oralube (pH 7,0) dapat meremineralisasi enamel dan dentin
    • spray: saliva orthana (pH 7,0)
    • glandosan (pH 5,1), tidak oocok untuk pasien bergigi, karena pH yang sangat asam
    • tablet isap: polyox, berisi oksida polietilen, dapat mencekatkan gigi palsu

9 komentar:

  1. waduh, jangan jangan aku kena kelainan ini, lha aku sendiri sering panas dalam dan sariawan. gmn?

    BalasHapus
  2. bisa aja..
    rongga mulutnya kerasa panas g?
    kalo xerostomia itu, mulutnya kerasa panas (burning mouth sensation) terus di atas lidahnya tu ada putih2nya banyak, itu jamur namanyaaaa...
    km gt g?

    BalasHapus
  3. wah, 100% bener, Dok.
    panas, ada jamurnya, lidah pinggirku kok bersayap kayak gak rata gitu?? hehe

    BalasHapus
  4. dak dok dak dok.. ak belum jadi dokter!
    haraaaah.. kamu ngonsumsi obat apa?
    ngerokok jg ya?

    BalasHapus
  5. Aku kering banget mulutnya, sampai sakit nelen gitu. Itu gimana yah

    BalasHapus
  6. Aku kering banget mulutnya, sampai sakit nelen gitu. Itu gimana yah

    BalasHapus
  7. macam mana rumus membendung ejakulasi dini?

    kamu mampu mengahdiri dokter guna berkonsultasi. Dokter bakal merekomendasikan sesi penyuluhan yg menyeret-nyeret psikoterapi. demikian lagi dgn formula berkomunikasi dgn pasangan menyangkut disfungsi seksual. terkecuali pengarahan, pengobatan yang lain serta dapat menyeret-nyeret alat tabiat, anestesi topikal yg( diberikan serta-merta buat kulit), dan sekian banyak remedi. Berikut ini sekian banyak penjelasannya:

    1. proses perilaku
    Seperti yg telah dijelaskan di atas, ejakulasi dini mampu berjalan dikarenakan kamu merasa terpojok. daya upaya perilaku sanggup dibilang tak runyam, kamu bisa jadi dapat direkomendasikan guna masturbasi seputar tunggal, atau dua jam sebelum lakukan senggama. tabiat ini ditujukan buat membimbing ejakulasi dini selagi kamu bersambung seksual. rahasia yang lain yg sepertinya direkomendasikan yaitu menghindari senggama selagi sekian banyak kala buat konsentrasi buat kategori permainan/rangsangan seksual saja, maka tekanan yg menyulut pendapat dekat pikiran kamu bisa dihilangkan.

    BACA berulang: Berapa Kali Masturbasi yg Dianggap sedang Normal?

    2. Latihan basic panggul
    tak cuma wanita yg mampu melaksanakan senam Kegel, cowok pula mampu melakukannya. Senam Kegel mematok otot-otot basic panggul. Ejakulasi dini mampu disebabkan bersama lemahnya otot basic panggul maka kemampuan pada mengganjal ejakulasi tengah 5 memindahkan. Latihan basic panggul dgn senam Kegel sanggup membenarkan otot-otot ini.

    trick melaksanakan senam Kegel:

    - dapatkan otot yg sah. Caranya kamu dapat cobalah aktivitas mengganjal ajaran kencing, atau kencangkan otot disaat kamu mengganjal buang udara. apabila kamu telah meraih otot yg sahih, kamu dapat lakukan kegiatan ini kapan saja. Pastikan perihal ini tak menciptakan kamu jadi mengganjal urin, atau menyangga buang cuaca, lantaran dampaknya tak apik terhadap kesegaran. melakukan kegiatan tertera kala tak mau buang air mungil atau buang angin.
    - sejak mulai laksanakan usaha latihan. kamu mampu mengganjal otot basic panggul sewaktu tiga detik, dulu lemaskan buat tiga detik seterusnya. waktu kamu merasakan otot panggul telah sejak mulai menguat, kamu dapat melakukannya sambil bersila, berdiri, atau berjalan
    - Latih konsentrasi kamu. siap sedia terhadap tak latihan melenturkan otot perut, paha, atau pantat. konsentrasi saja terhadap mengencangkan otot panggul. selagi latihan, sebaiknya kamu bernapas leluasa saja, tak butuh menyangga napas Anda
    - Ulangi latihan ini. supaya akhirnya maksimal laksanakan tiga kali pada sehari. kalau, kamu telah bisa melakukannya sekian banyak kali, targetkan 10 kali klise dekat sehari

    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    BalasHapus
  8. trik mengatasi Ejakulasi Dini – tidak hanya ukuran Penis yg ajaib mengobral pertanyaan yang kerap dihadapi pasangan suami wanita yakni perkara ejakulasi dini. pertanyaan ini cukup serius dikarenakan dialami lumayan tidak sedikit pria dan ikut mempengaruhi mutu pertalian seks mereka. tidak sedikit laki laki yang menyadari pentingnya menurunkan kepuasan bagi pasangannya.

    faktor ini dapat mempengaruhi keharmonisan sebuah hubungan dan memelihara hubungan supaya tetep kekal dan mesra. urusan ejakulasi dini muncul didasari alamat bukti bahwa sekitar udara memerlukan dikala yg jauh obsolet buat menggapai akhir klimaks saat satu buah pasangan tambah berhubungan intim, bahkan ada masih yg kesulitan mengalami orgasme kala berhubungan dgn pasangannya. cara mengalahkan Ejakulasi Dini

    era yg pass panjang diwaktu berhubungan intim dipercaya memberikan sensasi yang lebih untuk dirasakan saat berhubungan badan. Penetrasi yang dilakukan dekat ketika yg lebih bahari berpengaruh kembali dengan mungkin saja pencapaian orgasme yang lebih mengobral perihal – faktor inilah yang mendasari munculnya keluhan ejakulasi dini.

    Apabila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis andrologi Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.


    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modern terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    BalasHapus